Cara Membuat Nasi Tumpeng Mini Komplit

Kali ini resep masakan yang akan kita sajikan adalah tentang Cara Membuat Nasi Tumpeng Mini Komplit. Nah bagi Anda yang kebetulan ingin belajar membuat nasi tumpeng ini, bisa disimak petunjuk resep masakan nasi yang satu ini. Nasi Tumpeng adalah salah satu jenis olahan nasi yang paling populer dan biasanya dijadikan sebagai sajian khusus pada saat acara keluarga maupun acara resmi. Ada 2 jenis nasi tumpeng, yaitu nasi tumpeng kuning dan nasi tumpeng putih. Perbedaannya terletak pada penggunaan kunyit sebagai pewarna kuning alami. Jadi jika kita ingin membuat nasi tumpeng putih, cukup hilangkan kunyit dari bahan untuk membuat nasi tumpeng ini.


Nasi tumpeng juga biasanya disajikan dalam bentuk kerucut. Jadi memerlukan cetakan untuk membuatnya seperti itu. Untuk membuat nasi tumpeng mini, kita cukup menggunakan cetakan kecil dan untuk nasi tumpeng standar biasanya menggunakan cetakan yang besar. Bagi yang sudah tak sabar ingin membuatnya silahkan simak resep cara membuat nasi tumpeng mini komplit berikut ini.
Nasi Tumpeng Mini Komplit
Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Nasi Tumpeng

  • 800 gr beras putih
  • 200 gr beras ketan
  • 1200 ltr santan
  • 2 btg sereh
  • 1 sdm kunyit halus
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 2 sdm garam
  • 4 lbr daun salam
  • 1 lbr daun pandan

Cara Membuat Nasi Tumpeng Mini Komplit

  1. Pertama cuci bersih beras ketan dan beras, lalu tiriskan. Dan Kemudian kukus.
  2. Sambil menunggu nasi yang sedang dikukus, anda campurkan santan dan kuyit. Kemudian saring dan buang ampas kunyitnya.
  3. Lalu masak santan dan tambahkan daun salam, pandan, sereh, dan juga garam, masak hingga santannya mendidih. Lalu matikan apinya.
  4. Berikutnya masukan beras yang masih panas kedalam santan, aduk hingga rata dan biarkan santan terserap sampai habis. Dan beras akan menjadi aron atau setengah matang, lalu masukan air jeruk nipis. Aduk hingga rata.
  5. Terakhir kukus beras aron kurang lebih selama 20 menit, setelah itu angkat lalu tuangkan kedalam cetakan tumpeng yang ujungnya lancip yang sudah diberi alas daun pisang di olesi sedikit minyak sayur.
  6. Tambahkan potongan timun, tomat dan selada serta irisan cabe untuk menambah komplit rasa dan tampilan nasi tumpeng kita.
  7. Nasi Tumpeng mini komplit ini sangat lezat disajikan dengan ayam bakar atau nasu palekko. Jangan lupa juga tambahkan dengan goreng tempe dan goreng tahu untuk menambah komplit hidangan nasi tumpeng. Satu lagi yang tak boleh tak ada yaitu sambal yang lezat. Anda bisa menggunakan sambal rujak atau sambal kacang.
Sumber : resepmakan