Es Cendol Legit. Menu Takjil Paling Laris. Gak sampe 5 Menit Langsung LUDES!

Es cendol memang menjadi salah satu menu takjil yang menjadi favorit. Apalagi jika dipadukan dengan rasa legit dari gula merah. Wah pastinya cocok banget disantap saat cuaca sedang panas atau untuk menu takjil nanti.

Dan ternyata bikin cendol sendiri di rumah nggak susah lho ladies, apalagi kalo bikinnya bareng-bareng sama keluarga, pasti lebih mudah dan dijamin asik deh. Bahan-bahan untuk membuat es cendol ini pun mudah di dapat. Tidak perlu pergi ke pasar pun pasti bahan-bahannya sudah tersedia di rumah.

Pasti penasarankan bagaimana cara untuk membuat es cendol sendiri di rumah? Nah, berikut resepnya, simak baik-baik ya ladies.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
200 gram tepung beras
1 sendok makan tepung tapioka
200 gram gula merah
1/2 butir kelapa, ambil air santannya
5 sendok makan gula pasir
1/4 sendok teh garam
1 tetes pewarna hijau pandan
1 liter air

Cara membuat:
1. Pertama, siapkan panci yang anti lengket, kemudian masukkan 1 liter air yang dicampur dengan tepung beras, tepung tapioka, dan juga pewarna hijau.
2. Lalu aduk sampai rata sambil diberi garam.
3. Kemudian nyalakan api dan masak dengan api kecil hingga adonan cendol mengental.
4. Setelah matang, siapkanlah wadah yang berisi air dingin untuk menampung cendol. Letakan saringan di atasnya, dan cetak cendol dengan cara menggosok-gosokkannya pada saringan.
5. Selanjutnya, rebus gula merah dan juga gula putih, kemudian dinginkan.
6. Rebus santan kelapa dan beri sedikit garam, lalu dinginkan.
7. Terakhir, sajikan cendol beras dengan santan dan juga rebusan gula. Jika ingin yang lebih segar, bisa tambahkan es serut di atasnya.

Ladies, itu tadi resep es cendol gula merah yang legit. Daripada membeli takjil di luar yang belum tentu kebersihan dan juga kesehatannya, lebih baik meluangkan sedikit waktu untuk membuatnya sendiri di rumah. Karena buatan sendiri lebih terjamin kesehatan dan juga kebersihannya, selain itu juga bisa menjadi ajang untuk memperat kedekatan bersama dengan keluarga. Selamat mencoba dan selamat menunggu bedug magrib ladies.