Resep Bolu Gulung Irit Telur. Hasilnya Enak dan Lembut Banget!

Menurut Wikipedia, Bolu gulung yang dalam bahasa Inggris nya disebut Swiss Roll ini adalah kue bolu yang dimasak dengan cara dipanggang. Namun kini muncul kreasi baru resep bolu gulung kukus yang dimasak dengan cara dikukus di atas api kompor. Agar hasil gulungan bolu rapih dan cantik, untuk membuatnya di sarankan menggunakan loyang dangkal.
Bayangkan saja jika bolu gulung dibuat dengan loyang yang tinggi, pasti kita akan kesulitan saat proses penggulungan. Jadi saat kue bolu di isi dengan selai atau krim mentega hasil gulungannya akan rapih dan cukup tipis. Nah karena pembuatannya digulung, selain terkenal dengan sebutan bolu gulung. Di Amerika Serikat Kue ini juga dikenal sebagai Jam Roll atau Jelly Roll.

Untuk mendapatkan gulungan yang sempurna, kita harus segera menggulung bolu selagi masih dalam keadaan panas. Jadi sewaktu bolu gulung baru diangkat dai oven harus langsung digulung agar tekstur kue masih lentur dan tidak patah. Proses penggulungan bisa dibantu dengan kertas roti atau serbet bersih yang dijadikan alas sewaktu kue digulung. Gulungan kue bisa dibuka kembali jika kue sudah sedikit dingin, baru deh di olesi dengan selai atau krim dari mentega secukupnya kemudian kue bisa digulung kembali.

Bolu Gulung Strawberry Jam Ala Bunda Bella Yang
Agar tidak kerja 2 kali, kue bolu gulung juga bisa langsung diolesi selai atau krim sewaktu masih kondisi panas sehingga cukup digulung sekali saja. Olesan krim mentega yang biasanya digunakan adalah buttercream. Bisa juga kreasikan dengan aneka rasa seperti menambahkan coklat bubuk, pasta pandan, vanila atau bubuk teh hijau (green tea) ke dalamnya. Selain itu dapat juga di variasikan dengan Keju, Mocca, Cokelat ceres ( meises ), Selain Nanas, Blueberry Jam, Stoberi Jam, Cokelat Leleh dan Cokelat Leleh Keju.

Ada beberapa macam Resep Bolu Gulung yang sliweran dimana-dimana. Mulai Bolu Gulung Batik, Bolu Gulung Pelangi Kukus ( rainbow ), Bolu Gulung Meranti Khas Medan, Bolu Gulung Istimewa yang menggunakan telur cukup banyak serta Resep Bolu Gulung Irit Telur yang resepnya akan kita bagikan kali ini. Metode yang akan dipakai untuk membuat bolu gulung ini kita menggunakan metode all in one dan hanya menggunakan 6 butir telur utuh.

Jadi lebih irit dan ekonomis menurut saya dibandingkan dengan resep bolu gulung pada umumnya yang menggunakan 10 hingga 15 butir telur utuh. Walaupun irit telur dan dibuat dengan metode all in one, hasil kue bolu ini lembut banget loh bun. Teksturnya berpori halus dan rasanya enak mantap. Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Bolu Gulung super lembut yang dapat bunda buat sendiri di rumah. Cekidot!
Bahan-bahan Bolu Gulung :

  • Telur utuh 6 butir
  • Gula pasir 90 gram
  • SP 1 sendok makan
  • Tepung terigu segitiga biru 70 gram
  • Maizena 10 gram
  • Susu bubuk 10 gram
  • Vanila ektra atau perisai vanila 1 sendok teh
  • Margarin atau mentega 125 gram

Cara Membuat Bolu Gulung Irit Telur Special Lembut :

  1. Langkah awal siapkan loyang, olesi dasarnya saja dengan mentega, pinggirannya tidak usah ya bun. Alasi dengan kertas roti, lalu olesi dasarnya lagi dengan mentega, sisihkan. Kemudian set oven disuhu 200 derajat celcius selama 10 menit.
  2. Selanjutnya lelehkan mentega, dinginkan, sisihkan.
  3. Setelah itu masukkan semua bahan dalam baskom kecuali mentega cair tadi, kocok dengan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang, putih dan kental berjejak.
  4. Masukkan mentega cair, aduk balik dengan spatula karet sampai adonan merata dan tercampur dengan baik.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang tadi, ratakan permukaannya, lalu hentakkan loyang ke meja beberapa kali. Ini merupakan tips sederhana untuk menghilangkan gelembung. Panggang adonan bolu ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya kurang lebih selama 15 menit dengan suhu 200 derajat celcius sampai matang dan permukaan berkulit kecoklatan.
  6. Setelah matang, angkat bolu lalu dibalikkan dikertas roti. Olesi selai nanas, blueberry, strawberry, cokelat, apel dll sesuai selera. Gulung rata sambil dipadatkan. Selesai.
  7. Bolu gulung dengan metode all in one ini sangat cocok di pratekkan bagi pemula atau ibu muda yang baru belajar memasak dan membuat kue. Caranya sangat gampang, karena mencampurkan semua bahan menjadi satu lalu di mixer hingga kental berjejak. Tanpa memisah-misahkan adonan satu ke adonan lain yang menurut saya cukup ribet.

Agar lebih berwarna, didalam adonan resep bolu gulung vanila ini bisa ditambahkan taburan kismis atau buah kering sesuai selera. Hasilnya pasti akan semakin cantik dan kaya rasa yang cocok untuk oleh-oleh / buah tangan, hantaran pengantin, kue lebaran, serta camilan empuk sebagai teman minum teh atau kopi. Atau untuk sarapan pagi juga oke loh, bisa disajikan dengan segelas susu hangat. Mantap!
Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Resep Bolu Gulung Irit Telur, Hasilnya Enak dan Lembut Banget!. Jangan lewatkan olahan bolu lainnya dari kami seperti Resep Bolu Hongkong Keju Almond In Cup Harum Super Lembut yang layak untuk dicoba.
Semoga bermanfaat, jangan lupa like dan share ya..
Makasih 🙂
Sumber : resephariini